Pengeluaran Zat Pada Sistem Organ Tubuh Manusia

Diposting pada 64 views

Sistem Ekresi Manusia

Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam proses metabolisme. Metabolisme sendiri merupakan perubahan kimia di dalam tubuh yang diproses oleh bantuan enzim. Dengan adanya proses tersebut, energi serta zat yang berguna bagi tubuh bisa dihasilkan. Selain menghasilkan zat dan energi yang berguna bagi tubuh, proses metabolisme juga membentuk sisa metabolisme yang merupakan racun. Racun tersebut tidak memiliki fungsi dan malah berdampak buruk bagi kesehatan. Inilah kenapa zat sisa metabolisme harus dikeluarkan dari tubuh melalui sistem ekresi.

Manusia dan vertebrata memiliki sistem ekresi yang terdiri atas ginjal, kulit, hati dan paru-paru. Beda dengan manusia, alat pengeluaran pada hewan antara lain adalah buluh malpighi, sel api, rongga berdenyut, dan nefridia.

Sistem Ekresi
Sistem Ekresi

Organ – organ Penyusun Sistem Ekresi Manusia

Organ penyusun ekresi manusia terdiri dari kulit, hati, ginjal serta paru- paru.

1. Kulit

Kulit merupakan organ pelindung yang menutupi seluruh bagian permukaan tubuh. Kulit adalah lapisan yang sangat tipis dengan tebal hanya berkisar beberapa milimeter. Kulit terdiri atas tiga lapisan yang diantaranya adalah:

a. Kulit ari

Kulit ari merupakan bagian dari kulit yang terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan granula, stratum germinativum, dan lapisan tanduk. Lapisan tanduk merupakan lapisan yang terdiri atas berlapis-lapis sel pipih dan merupakan jaringan mati.

Lapisan tanduk memiliki fungsi untuk melindungi sel yang berada di dalamnya dan mencegah gangguan kuman penyakit. Dalam kulit ari terdapat pula lapisan granula yang terletak di bawah lapisan tanduk.

Lapisan granula terdiri atas sel bergranula dimana sel ini lama kelamaan akan mati lalu terdorong ke atas dan menjadi bagian dari lapisan tanduk. Lapisan granula terdapat pigmen yang memberikan warna pada kulit dan berperan sebagai pelindung kulit dari sinar matahari.

Baca Juga  Pengertian Mikroorganisme Archaebacteria dan Eubacteria

Warna pigmen orang – perorangan bisa berbeda satu dengan yang lain. Ada yang memiliki kulit sawo matang, hitam dan kuning langsat. Stratum germinativum merupakan bagian dari kulit yang terdiri atas 2 lapisan sel. Pada lapisan ini terdapat sel-sel baru yang akan terdorong ke atas dan menjadi bagian dari granula.

b. Kulit jangat

Di dalam kulit jangat terdiri dari pembuluh darah, kelenjar minyak, kantung rambut dan kelenjar keringat. Kelenjar minyak dalam kulit jangat, memiliki fungsi untuk meminyaki rambut supaya rambut tidak kering.

Sementara pada bagian kantung rambut terdapat pembuluh darah yang berperan untuk mengangkut sari makanan ke akar rambut sehingga rambut bisa terus tumbuh. Kulit manusia berfungsi untuk mengeluarkan garam-garam mineral serta air dalam bentuk keringat melalui pori-pori kulit.

2. Hati

Hati merupakan salah satu sistem ekresi pada manusia yang berperan dalam mengeluarkan air, garam empedu, asam empedu, zar warna empedu bilirubin, fosfolipid, amonia, dan urea dalam bentuk cairan empedu dimana dalam sistem pencernaan memiliki tugas untuk mencerna serta mengemulsikan lemak dalam usus.

Cairan empedu yang dibuang oleh hati akan dibuang bersamaan dengan sisa-sisa makanan yang tidak lagi tercerna dalam bentuk feces. Dalam keadaan normal, hati manusia akan mengekresikan cairan empedu sebanyak 800 sampai 1000 ml.

3. Paru-paru

Dalam sistem ekresi manusia, paru-paru berperan dalam mengeluarkan H2 dalam bentuk CO2 (karbondioksida) serta dalam bentuk uap. Adapun proses pengeluaran uap dan CO2 tersebut, melalui hembusan udara dari pernapasan.

Paru-paru selain berperan sebagai sistem ekresi, juga merupakan alat pernapasan. Paru-paru terletak di dalam rongga dada dengan bagian bawah yang menempel pada diafragma.

4. Ginjal

Satu lagi sistem ekresi dalam tubuh manusia adalah ginjal. Ginjal merupakan sistem ekresi manusia yang membentuk urinaria serta membuang sisa metabolisme berupa air, urea, asam urat dan lain sebagainya ke dalam bentuk air seni.

Baca Juga  Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf A

Ginjal dilengkapi dengan banyak organ pendukung seperti kantung urin, saluran urin serta saluran pembuangan.

Sistem ekresi pada manusia terdiri dari 4 macam sistem dengan tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Menjaga sistem eksresi supaya mampu menjalankan tugasnya dengan baik adalah dengan cara mengonsumsi banyak makanan sehat dan bernutrisi. Jangan lupa untuk biasakan pula menjalani pola hidup sehat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *