Mengenal Bagian Sistem Ekskresi pada Manusia

Diposting pada 9.668 views

Sistem Ekskresi Manusia

Zat sisa metabolisme yang ada di dalam tubuh akan berubah menjadi racun jika tidak dikeluarkan. Zat-zat sisa hasil metabolisme ini dapat berupa keringat, urine maupun karbondioksida, dan pengeluaran zat-zat sisa hasil metabolisme ini dilakukan melalui proses ekskresi yang melibatkan beberapa organ yang penting di dalam tubuh. Organ tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem ekskresi manusia ini meliputi ginjal, kulit, hati dan paru-paru, yang memiliki tugas serta fungsi masing-masing yang pastinya berbeda satu sama lainnya.

1. Ginjal

Sistem Ekskresi Manusia Ginjal
Sistem Ekskresi Manusia Ginjal

Ginjal berada di dalam rongga perut dengan bentuknya yang mirip biji kacang merah. Organ ini memiliki panjang sekitar 10 cm dan beratnya sekitar 170 gr. Ginjal terdiri dari tiga bagian yaitu korteks (kulit ginjal), medula (sumsum ginjal) dan pelvis (rongga ginjal.

Ginjal ini ada dua buah yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan, dimana ginjal kanan berada lebih rendah dibandingkan ginjal kiri. Warna dari ginjal ini adalah merah keunguan.

Salah satu fungsi untuk menyaring darah. Selain itu juga membuang kelebihan air supaya konsentrasi darah tetap seimbang dan mempertahankan keseimbangan antara basa dan asam darah.

Sebagai salah satu organ yang berperan dalam sistem ekskresi, ginjal mengeluarkan hasil sisa metabolisme dalam bentuk urin yang mengandung urea, garam mineral dan air dengan melalui tiga tahap yaitu filtrasi (penyaringan), kemudian reabsorpsi (penyerapan kembali) dan juga augmentasi (pengumpulan).

Organ ini juga tidak terlepas dari berbagai macam gangguan yang dapat mengganggu fungsinya, diantaranya adalah hidronefosis (pembesaran salah satu ginjal karena urine terhambat untuk keluar), diabetes inspidus (terlalu banyak mengeluarkan urin karena ketiadaan hormon ADH), gagal ginjal dan batu ginjal.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi dan Bagian Organ Reproduksi Laki-laki / Pria

2. Kulit

Sistem Ekskresi Manusia Kulit
Sistem Ekskresi Manusia Kulit

Selain berperan sebagai indra peraba, kulit juga merupakan salah satu alat untuk ekskresi, yaitu dengan cara mengeluarkan keringat yang mengandung garam mineral serta air melalui pori-pori yang ada pada kulit.

Fungsi kulit lainnya adalah mengatur suhu tubuh, tempat untuk menyimpan kelebihan lemak, dan melindungi tubuh dari berbagai gangguan biologis, kimiawi atau-pun fisik. Kulit terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan kulit ari yang sangat tipis dan merupakan bagian ter-luar atau disebut juga dengan epidermis.

Di bawah lapisan kulit ari terdapat lapisan kulit jangat atau dermis yang lebih tebal dari pada kulit ari. Kemudian ada jaringan bawah kulit atau subkutan. Di jaringan bawah kulit inilah jaringan lemak berada.

Kulit juga dapat mengalami beberapa gangguan, diantaranya adalah kudis atau scabies, jerawat, gangren yang disebabkan oleh matinya sel jaringan tubuh dan alergi atau eksim.

3. Hati

Sistem Ekskresi Manusia Hati
Sistem Ekskresi Manusia Hati

Organ hati ini mengeluarkan empedu yakni cairan berwarna kehijauan dengan rasa pahit dan mengandung garam empedu, kolesterol, garam mineral serta bilirubin atau zat warna empedu yang memberi warna pada feses dan urine.

Hati berada di rongga perut atas di sebelah kanan dan terdiri dari 2 gelambir dan berwarna merah tua. Fungsi lain dari hati selain sebagai salah satu orga ekskresi, hati juga merupakan tempat untuk menyimpan gula yang dalam bentuk glikogen serta merupakan tempat untuk membongkar eritrosit (sel darah merah) yang telah rusak.

Disamping itu, hati juga berfungsi untuk menetralkan racun dna obat serta merubah provitamin A menjadi vitamin A. Hati juga rentan terhadap gangguan yang menyebabkan adanya kelainan pada hati. Kelainan tersebut diantaranya adalah hepatitis, sirosis hati, kanker hati dan penyakit kuning.

Baca Juga  Tahukah Anda Bakteri Penyebab Penyakit Kusta?

4. Paru-Paru

Sistem Ekskresi Manusia Paru-paru
Sistem Ekskresi Manusia Paru-paru

Organ lain yang merupakan alat ekskresi manusia adalah paru-paru yang merupakan kumpulan dari alveolus dan dibungkus oleh pleura. Paru-paru termasuk dalam jajaran alat ekskresi manusia karena paru-paru ini mengeluarkan gas karbondioksida serta uap air.

Organ yang berada di rongga dada manusia ini terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan ini terdiri dari 3 gelambir dan paru-paru kiri terdiri dari dua gelambir. Organ ini juga dilindungi oleh tulang rusuk.

Beberapa gangguan yang ada pada paru-paru diantaranya adalah asma. Asma atau yang bisa disebut juga dengan sesak nafas ini diakibatkan oleh alergi terhadap benda asing yang masuk ke hidung.

Gangguan lainnya adalah emfisema yaitu terjadinya pembengkakan pada alveolus. Penyebabnya adalah karena menyempitnya saluran pernafasan. Kanker paru-paru juga merupakan salah satu gangguan yang biasanya disebabkan oleh rokok.

Itulah uraian mengenai sistem ekskresi manusia, semoga bermanfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *