Apakah Benar Sistem Pendidikan Homeschooling Lebih Efektif dari Pendidikan Formal?

Diposting pada 154 views

Istilah homeschooling sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan, sistem pendidikan homeschooling kini tengah menjadi perbincangan yang hangat di tengah-tengah masyarakat, terutama untuk mereka kalangan atas, yang tidak mempermasalahkan faktor biaya, sebagai konskwensi model pendidikan tersebut.

Buat yang belum tahu, model pendidikan homeschooling ialah salah satu pendidikan alternative dengan konsep sekolah di rumah. Banyak kalangan berpendapat bahwa proses pengajaran dengan satu guru satu siswa ini mampu secara maksimal mengembangkan kemampuan peserta didik di bidang akademik.

Seperti yang disinggung sebelumnya, sistem pendidikan homeschooling banyak diminati oleh mereka kalangan atas dan kaum berduit, karena memang biayanya yang cukup mahal. Lalu, apakah benar sistem pendidikan dengan konsep homeschooling jauh lebih baik dibandingkan pendidikan formal?

Apakah ada bukti nyata bahwa sistem pendidikan homeschooling benar-benar efektif dibandingkan pendidikan formal? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut telah kami rangkum penjelasan terkait pengertian sistem pendidikan homeschooling plus dampak positif serta negatifnya.

Pengertian Sistem Pendidikan Homeschooling

Homeschooling ialah suatu sistem pendidikan dimana proses belajar mengajar dilakukan di rumah peserta didik. Berbeda dengan proses belajar mengajar dalam pendidikan formal, semua aktivitas belajar yang biasanya di sekolah, dalam pendidikan homeschooling semua dialihkan di rumah peserta didik. Para peserta didik tidak lagi disibukkan dengan beragam aktivitas persiapan sekolah seperti sarapan, mandi dan memakai seragam sekolah. Homeschooling menawarkan layanan pendidikan yang sangat efisien dari segi waktu.

Tujuan adanya sistem pendidikan homeschooling ialah untuk mengasah ketrampilan peserta didik dengan lebih intensif khususnya bagi peserta didik yang masih merasakan kurang maksimal saat belajar di sekolah dan merasa jauh lebih efektif saat belajar di rumah. Meskipun memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan sistem pendidikan formal, homeschooling juga memiliki dampak negatif maupun positif bagi peserta didik. Apa saja dampak positif dan negatif homeschooling?

Baca Juga  Contoh Bentuk Sikap Untuk Mempertahankan NKRI
Sistem Pendidikan Homeschooling
Sistem Pendidikan Homeschooling

Dampak Negatif Sistem Pendidikan Homeschooling

1. Menimbulkan Aspek Psikologis Anak/Peserta Didik yang Sukar Menerima Kekalahan

Dalam sistem pendidikan homeschooling hanya terdapat satu peserta didik saja, maka peserta didik tidak akan merasakan adanya persaingan atau kompetisi. Hal ini akan mengakibatkan aspek psikologis peserta didik yang nantinya sukar untuk menerima kekalahan.

2. Pola Kepribadian Anak/Peserta Didik Menjadi Kurang Peka Terhadap Lingkungan Sosial

Suasana belajar dalam sistem pendidikan homeschooling sangat statis. Hal ini mempengaruhi proses pembentukan pribadi anak yang kurang peka karena tidak pernah menghadapi beragam permasalahan sosial. peserta didik yang memilih untuk homeschooling akan cenderung tumbuh menjadi pribadi yang kurang mandiri.

3. Membentuk Kepribadian Anak/Peserta Didik yang Sulit Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial atau Teman Sebayanya

Sistem pendidikan homeschooling secara tidak langsung akan membentuk anak menjadi pribadi yang sulit bersosialisasi dan juga dapat mengalami krisis percaya diri saat tampil di depan publik. Karena sistem pendidikan yang jarang bahkan tidak pernah berinteraksi dengan lingkungan sosial atau teman sebayanya karena proses belajar mengajar hanya dilakukan dirumah peserta didik.

4. Peserta Didik Merasakan Aktivitas Bersama Lingkungan Sosialnya Dibatasi

Oleh karena kurangnya waktu dan kesempatan untuk berinteraksi dengan teman-teman sebayanya, peserta didik akan merasa terkucilkan dari pergaulannya dan mengalami kesulitan untuk berbaur dengan lingkungannya. Padahal manusia adalah mahluk sosial yang senantiasa memerlukan bantuan orang lain bukan?

Dampak Positif Sistem Pendidikan Homeschooling

Meskipun sistem pendidikan homeschooling memiliki banyak dampak negatif bagi para peserta didik namun tak bisa dipungkiri bahwa sistem ini juga memiliki pengaruh positif yang dirasakan oleh para peserta didik. Apa saja dampak positif yang diperoleh dengan sistem pendidikan homeschooling? Berikut ulasannya:

Baca Juga  Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh

1. Peserta Didik Belajar dengan Nyaman

Peserta didik merasakan kenyamanan dalam belajar karena terbebas dari tekanan akan beberapa target atau tuntutan yang harus dicapai seperti halnya sistem pendidikan formal. Homeschooling bersifat menyesuaikan minat dan keinginan peserta didik akan terselenggaranya proses belajar mengajar.

2. Hubungan Guru dengan Peserta Didik Sangat Intensif Sehingga Kesulitan Peserta Didik Cepat Terpecahkan

Melalui program homeschooling hubungan antar peserta didik dan guru lebih intensif sehingga kesulitan-kesulitan peserta didik terkait mata pelajaran yang dipelajari dapat segera terpecahkan.

3. Dapat Mencegah Peserta Didik Terjerumus Dalam Pergaulan Bebas, Narkoba dan Tawuran pelajar

Homeschooling dapat meminimalisir munculnya pengaruh negatif dalam lingkungan pergaulan seperti: narkoba, tawuran pelajar dan pergaulan bebas.

Itulah diatas ulasan tentang pengertian homeschooling disertai dengan dampak positif dan negatifnya. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa home schooling memiliki pengaruh yang positif dan sekaligus terdapat sisi negatifnya bagi para peserta didik.

Efektif atau tidaknya program homeschooling jika dibandingkan dengan sistem pendidikan formal tentunya bergantung pada masing-masing individu. Hal ini juga berhubungan dengan tujuan dan kebutuhan masing-masing orangtua dalam proses pemilihan sistem pendidikan bagi putra-putrinya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *