Sudah Taukah Anda Apa Itu Bahasa Baku Dan Bahasa Non Baku ?

Diposting pada 122 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Sudah tahukah anda apa itu bahasa baku dan bahasa non baku? Mungkin itu merupakan pertanyaan yang sederhana tapi belum tentu kita ketahui? Betul tidak? Nah dari itu, artikel ini akan menjelaskan secara ringkas dan ringan yang dimulai dari apakah itu bahasa baku? 

Bahasa baku akan lebih tepat disebut dalam ragam bahasa yang memiliki arti membicarakan sesuatu tentang variasi bahasa, sebab bahasa baku itu merupakan salah satu variasi bahasa (dari sekian banyak variasi) yang diangkat dan disepakati sebagai ragam bahasa yang akan dijadikan sebuah tolak ukur sebagai bahasa yang “baik dan benar” dalam suatu komunikasi yang sifatnya resmi baik itu secara lisan maupun dalam tulisan.

Pada umumnya ragam bahasa baku ini hanya digunakan oleh satu kelompok atau organisasi dalam suatu Negara atau kenegaraan. Karena penggunaan ragam bahasa baku ini merupakan suatu salah satu strategi juga dalam situasi politis, sosial maupun linguistis. 
Sebab ragam bahasa baku memiliki peran yang penting dalam menunjukkan salah satu kewibawaan seseorang, apakah orang tersebut memiliki kewibawaan atau tidak sama sekali, sebab hal tersebut dalam dilihat dari tutur bahasa yang digunakan-nya. 
Sebagai contoh saja apabila seorang pemimpin menggunakan bahasa yang tidak baku, maka hal tersebut mampu menurunkan derajat seseorang itu, karena pemilihan dan pengambilan keputusan dalam ragam bahasa baku tersebut menunjukkan bahwa hal tersebut dalam keadaan resmi, bukan asal-asalan yang dapat diucapkan atau disampaikan secara tidak benar. Salah satu contoh kata baku yang digunakan dalam ragam bahasa yaitu seperti deskripsi,desain,karier,dekret dan lain-lain.

Sudah Taukah Anda Apa Itu Bahasa Baku Dan Bahasa Non Baku ?

Sedangkan ragam bahasa non baku memiliki arti membicarakan sesuatu tentang variasi bahasa namun memiliki sedikit perbedaan yang mencolok, sebab ragam bahasa non baku merupakan salah satu variasi bahasa yang diangkat atau dibuat oleh sekelompok orang dalam suatu wilayah yang memiliki ragam bahasa yang tidak baku atau bias dikatakan ragam bahasa yang tidak resmi dan tidak dijadikan sebagai tolak ukur dalam suatu ragam bahasa yang bias dipakai dalam kenegaraan atau-pun sesuatu yang yang tidak layak digunakan apabila yang yang ingin bicara itu adalah seorang pemimpin. 
Hal tersebut karena mampu menurunkan kewibawaan dan derajat seseorang bila digunakan ditempat dan di acara yang dikategorikan resmi atau formal. Sebab ragam bahasa non baku ini cenderung digunakan di keseharian oleh kalayak ramai. Salah satu contoh kata non baku yang digunakan dalam ragam bahasa yaitu seperti telor, debet, diskripsi, disain, karir dekrit dan lain-lain.
Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi wawasan anda tentang mengetahui perbedaan ragam bahasa baku dan ragam bahasa non baku.
Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.