Susi Pudjiastuti, Pahlawan Kelautan Indonesia ?

Diposting pada 147 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Siapa yang tidak mengenal salah satu tokoh di kementerian Presiden Joko Widodo ini. Sebelum menjabat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, pasti masih banyak pula yang belum mengenal menteri yang saya sebut salah satu pahlawan Indonesia dibidang kelautan dan perikanan. 

Bagaimana tidak, dengan kerja nyata dan tegas dari beliau mampu berdampak baik dan sangat dinanti-nantikan oleh para nelayan yang mencari ikan di lautan Indonesia dengan tradisional dari para pencuri-pencuri ikan dari luar negeri hingga ber ton-ton hasil tanggapan ikan ilegal tersebut. Sudah banyak korban dari ketegasan dari Menteri ini dengan meledakkan atau menangkap para pencuri dan kapal-kapal yang digunakan terebut melalui para angkatan mariner kelautan Indonesia. Komitment besar dari beliau selain memberantas illegal fishing, tetapi juga destructive fishing.

Susi Pudjiastuti diketahui lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965. Ayahnya bernama Haji Ahmad Karlan dan ibunya bernama Hajjah Suwuh Lasminah, keduanya berasal dari Jawa Tengah, namun sudah lima generasi hidup di Pangandaran. Keluarga Susi memiliki usaha ternak, memperjualbelikan ratusan ternak dari Jawa Tengah untuk diperdagangkan di Jawa Barat. Kakek buyut-nya adalah Haji Ireng, yang dikenal sebagai tuan tanah di daerahnya. Berdasarkan sumber yang di dapat bahwa Ibu Mentri memiliki pendidikan hingga di kelas XI SMA saja, lalu berhenti akibat dari kegiatan yang saat itu bertentangan dengan kebijakan sekolah tentang golput.
Susi Pudjiastuti, Pahlawan Kelautan Indonesia
Sebelum beliau menjabat sebagai Menteri, beliau sudah memiliki jabatan yang sangat penting dalam suatu perusahaan yang dibangunnya. Beliau menjabat sebagai Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang merupakan operator penerbangan Susi Air. Awal mula beliau merintis berusaha dimulai dengan menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Bisnisnya berkembang hingga pada tahun 1996 beliau mampu mendirikan sebuah pabrik pengolahan ikan yang bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang diberi merek “Susi Brand. 

Dari produk-produk yang dihasilkan dari pabrik yang dikelola tersebut hingga merambah ke luar negeri, membuat beliau berfikir bahwa beliau memerlukan suatu sarana transportasi udara yang dapat dengan cepat mengangkut produk hasil laut-nya dalam keadaan masih segar ke seluruh penjuru baik dekat maupun jauh hingga ke luar negeri. Hingga pada 2004, beliau memutuskan untuk membeli sebuah Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar menggunakan pinjaman bank. Melalui PT ASI Pudjiastuti Aviation yang ia dirikan kemudian, satu-satunya pesawat yang ia miliki itu ia gunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke seluruh nusantara maupun hingga ke luar negeri. 

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang susi pudjiastuti, pahlawan lautan Indonesia.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.