Tahukah Anda Apa Kegunaan Sosiolinguistik Itu ?

Diposting pada 1.179 views
Sebelum anda mengetahui apa kegunaan dari suatu sosiolinguistik. Ada baiknya anda perlu mengetahui pengertian dari sosiolinguistikuntuk mengetahui lebih dalam tentang sosiolinguistik ini. 
Sosiolinguistik merupakan suatu ilmu antar disiplin antara sosiologi dan linguistik, dua bidang ilmu empiris yang mempunyai kaitan yang sangat erat hubungannya. 

Oleh karena itu, untuk memahami apa sosiolinguistik itu, perlu terlebih dahulu dibicarakan apa yang dimaksud dengan sosiologi dan linguistik itu. Inti dari sosiologi itu yaitu, suatu kajian yang objektif dan ilmiah mengenai manusia di dalam masyarakat, dan mengenai lembaga-lembaga, dan proses sosial yang ada di dalam masyarakat. 

Sosiologi itu berguna untuk mengetahui bagaimana masyarakat itu terjadi, maupun berlangsung serta tetap ada. Sedangkan arti dari linguistik merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang bahasa, atau bidang ilmu yang mengambil dari suatu bahasa sebagai objek untuk kajiannya.

Tahukah Anda Apa Kegunaan Sosiolinguistik Itu ?
Referensi buku-buku yang membahas Sosiolinguistik
Ketika anda sudah mengetahui dasar-dasar ilmu atau kata dari dua bidang ilmu tersebut. Maka hendaklah anda pun akan tahu apa sebenarnya kegunaan dari sosiolinguistik tersebut. Dan tentu saja dalam setiap bidang ilmu apapun dalam kehidupan praktisnya. 

Nah, begitu pula sosiolinguistik, memiliki kegunaan yang bias kita ketahui. Kegunaannya bagi kehidupan praktis tentulah sangat banyak, sebab bahasa sebagai alat komunikasi verbal manusia yang pastinya memiliki aturan-aturan tertentu. 

Dalam penggunaannya sosiolinguistik memberikan pengetahuan bagaimana menggunakan bahasa itu dalam aspek atau segi sosial tertentu, seperti dirumuskan oleh Fishman bahwa yang dipersoalkan dalam sosiolinguistik itu adalah, “what language, to whom, who speak, when, and to what end”. Dari rumusan tersebut semakin dapat kita jabar-kan dari manfaat atau kegunaan sosiolinguistik bagi kehidupan praktisnya.

Awal mula kita mengetahui pengetahuan sosiolinguistik dapat kita rasakan dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan sesama dalam kehidupan sehari-hari. 

Sosiolinguistik ini tentu saja akan memberikan suatu pedoman atau-pun arahan yang menjadi petunjuk kepada kita yang berkomunikasi dengan menunjukkan bahasa, ragam bahasa atau gaya bahasa apakah yang harus kita gunakan dalam praktisnya ketika berbicara kepada orang lain. 

Sehingga pada akhirnya kegunaan dari ilmu sosiolinguistikini mengajarkan kita untuk tahu bahasa apa yang sangat tepat digunakan di setiap kalangannya seperti, ketika anda berbahasa dengan anak-anak dan orang dewasa tentu saja berbeda.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi wawasan anda tentang ilmu sosiolinguistik yang memiliki peran dan kegunaan yang sangat penting kita ketahui.
Salam GENUS (Generasi Penerus)
Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.