Tahukah Anda Siapa Pahlawan Kita yang Seorang Violinis

Diposting pada 123 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Banyak yang bertanya-tanya siapakah yang sebenarnya pahlawan kita yang ternyata juga seorang violinis atau pemain biola terkenal asal Indonesia yang dikenal hingga ke mancanegara? 

Ketika anda dihadapkan sebuah pertanyaan seperti itu, siapakah yang di benak anda untuk menjawab pertanyaan tersebut? Nah, artikel ini akan menjelaskan secara ringkas dan ringan kepada semua orang yang ingin mengetahuinya siapakah Pahlawan tersebut. 

Berdasarkan sumber yang diketahui beliau lahir di Jatinegara, Jakarta, pada tanggal 9 Maret 1903 dan meninggalnya pada 17 Agustus 1939 pada usia 35 tahun di Surabaya, Jawa Timur. Pada mulanya beliau menjalani pendidikan belajar bahasa Belanda di sekolah malam selama tiga tahun dan kemudian melanjutkan ke Normaalschool di Makassar sampai selesai.

Karir musik beliau ini bermula dari kakak iparnya yang gemar memainkan biola dan musik. Dan seketika pula beliau menjadi tertarik akan biola dan musik. Dan beliau semakin tertantang akan suatu statement dari suatu penulis majalah timbul dimana penulis tersebut menantang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan. 


Tahukah Anda Siapa Pahlawan Kita yang Seorang Violinis

Dari situlah beliau tertantang untuk membuatnya. Ketika pada bulan Oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan sebuah Kongres Pemuda II. Kongres tersebutlah yang melahirkan Sumpah Pemuda. Hingga tiba di penutupan kongres, tanggal 28 Oktober 1928, beliau memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum, tentunya dengan bantuan alat biola yang dimainkan-nya di kala itu atas saran Soegondo yang terkait dengan keadaan saat itu. Dari hal itu, untuk pertama kalinya lagu di dengarkan dan membuat banyak orang terpukau dengan lagu tersebut.

Dengan seketika lagu itu menjadi terkenal di kalangan pergerakan nasional. Dan setiap suatu partai politik ingin memulai kongres, maka lagu tersebutlah yang harus dikumandangkan di awal. Dari sumber yang di dapat bahwa beliau ini merupakan suatu model biola Amatus yang memiliki panjang 36 cm, lebar sisi terpanjang 20 cm, sisi terpendek 11 cm, serta tebal sisi terlebar 6 cm, dan terpendek 4,1 cm. adapun panjang leher biola tersebut 37, 2 cm serta penggesek dengan panjang 71, 2 cm. 


Bila diperhatikan di dalam tubuh biola tersebut, tertulis identitas serta alamat pembuatnya, yakni Nicolas Amatus Fecit in Cremona 6. Biola yang memiliki dua lubang berbentuk S di bagian tubuhnya. Jadi dari hal penjelasan tersebut, sudah adakah gambaran siapa tokoh Pahlawan sekaligus violinis Indonesia tersebut? Ya, mungkin anda benar, beliau adalah Wage Rudolf Soepratman. Seorang pengarang lagu kebangsaan Indonesia, “Indonesia Raya” dan merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia.


Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang seorang pahlawan sekaligus violinis Indonesia yang sangat terkenal dnegan karyanya.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.