Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen Serta Berbagai Dampak Positif Negatifnya

Diposting pada 56 views

Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen

Beragamnya bentuk permukaan bumi ini tidak terjadi begitu saja. Menurut para ahli, hal ini terjadi karena adanya dua tenaga yang menyebabkannya, yakni tenaga endogen dan tenaga eksogen. Nah untuk mengetahui lebih detail mengenai dua tenaga ini, berikut silahkan disimak ulasan selengkapnya.

Pengertian Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen

Tenaga endogen ini merupakan tenaga yang yang berasal dari dalam bumi seperti aktifitas vulkanik, tektonik dan gempa bumi. Sedangkan tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi seperti pelapukan, erosi, gerak massa tanah dan pengendapan atau sedimentasi.

Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen
Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen

Baik tenaga endogen maupun tenaga eksogen memiliki dampak negatif dan juga dampak positif. Apa saja dampak negatif dan dampak positif tenaga endogen dan tenaga eksogen? Simak saja penjelasan yang kami uraikan berikut ini:

1. Dampak Positif

Pada poin pertama ini kami akan membahas mengenai dampak positif terlebih dahulu baik itu tenaga endogen maupun tenaga eksogen:

a. Dampak Positif Tenaga Endogen

Adapun dampak positif dari tenaga endogen antara lain:

  • Mengakibatkan patahan dan juga lipatan sehingga juga memberikan variasi pada permukaan bumi seperti gunung, danau, sungai dan dataran.
  • Adanya aktifitas vulkanik yang mampu menyuburkan tanah di sekitarnya.
  • Membentuk logam di dalam perut bumi seperti timah, besi dan baja yang sangat bermanfaat bagi manusia.
  • Pembentukan batuan yang beraneka ragam seperti granit dan fosfat yang tentu memberikan manfaat bagi manusia.

b. Dampak Positif Tenaga Eksogen

Sedangkan dampak positif dari adanya tenaga eksogen antara lain:

  • Hasil erosi dan juga sedimentasi di daerah hilir terutama di daerah pesisir baik untuk keperluan pengembangan perikanan dan juga pertanian.
  • Tenaga eksogen ini akan menghasilkan delta di muara sungai atau di daerah pesisir yang tentunya sangat subur sehingga juga bermanfaat bagi manusia
Baca Juga  Tentang Sejarah Perang Pasifik

2. Dampak Negatif

Pada poin yang kedua ini akan dibahas mengenai dampak negatif, baik itu dari tenaga endogen maupun tenaga eksogen:

  • Adanya aktifitas tektonik jika mengakibatkan terjadinya gempa akan mengakibatkan berbagai kerugian seperti rusaknya bangunan, korban jiwa dan berpotensi untuk terjadinya retakan pada tanah.
  • Adanya aktifitas vulkanik yang bisa mengeluarkan gas beracun bersamaan dengan letusan gunung berapi juga dapat membahayakan nyawa penduduk yang ada di sekitarnya.
  • Letusan gunung berapi akan mengeluarkan awan panas, lava, serta material vulkani lainnya yang berpotensi untuk merusak lingkungan dan dapat mengancam kesehatan dan jiwa penduduk.
  • Adanya angin kencang dan juga angin puting beliung bisa mengakibatkan rusaknya lingkungan dan rumah penduduk yang tinggal di daerah dimana bencana angin ini terjadi.
  • Kondisi permukaan bumi Indonesia yang banyak terdapat gunung di dalamnya mengakibatkan erosi, tanah longsor dan sedimentasi memiliki potensi besar untuk terjadi.
  • Longsor yang terjadi di daerah yang berlereng curam akan mengakibatkan terjadinya kerusakan baik itu lahan maupun bangunan.
  • Abrasi yang terus terusan terjadi akan menyebabkan garis pantai terus terkikis sehingga daratan menjadi lebih sempit, dan bangunan yang ada di tepi pantai akan rusak dan terendam air laut.
  • Terjadinya sedimentasi di daerah hilir ataupun di muara sungai akan mengakibatkan terjadinya pendangkalan sehingga terkadang bisa mengakibatkan terjadinya banjir.

Nah, itulah penjelasan mengenai dampak positif sekaligus dampak negatif dari tenaga endogen dan tenaga eksogen. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *