Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Sukses

Diposting pada 340 views

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional ~ Semua siswa yang duduk di bangku sekolah tingkat akhir, tentunya berharap bisa menghadapi UN dan mendapatkan nilai/hasil yang terbaik. Dan tentunya hal tersebut sangat mungkin terjadi, jika kita mau berusaha dengan keras.

Namun bukan hanya asal belajar ya. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai tips jitu menghadapi UN atau ujian nasional berikut ini, agar sukses dan mendapat nilai yang bagus.

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional
Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Tentukan Tujuan dan Target yang Jelas

Sebelum Anda melakukan rangkaian proses belajar untuk mempersiapkan UN, maka Anda perlu menetapkan tujuan dan target perolehan hasil UN yang jelas. Dan biasanya cara seperti ini jarang dilakukan oleh siswa. Biasanya mereka langsung belajar saja tanpa membuat perencanaan terlebih dahulu.

Mengapa perlu menentukan tujuan dan memasang target? Nah, UN ini bisa kita umpamakan sebagai garis finish ketika berlari, maka jika kita tau garis finishnya apa dan di mana, bukankah kita lebih bisa memprediksi kecepatan berlari, dan lebih semangat untuk mencapainya, dibandingkan dengan garis finish yang kita tidak tau rimbanya di mana.

Begitupula dengan UN, kita perlu menentukan tujuan dan target nilai yang ingin kita raih, agar lebih semangat menjalani prosesnya.

Membuat Jadwal Belajar dan Disiplin Menjalankannya

Setelah menetapkan tujuan dan memasang target, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat jadwal belajar. Dengan memiliki jadwal belajar, maka Anda secara tidak langsung dipandu untuk selalu belajar dengan rutin, sehingga semua materi yang keluar di UN nanti sudah Anda pelajari semua.

Apabila jadwal belajar telah Anda buat, maka ada satu syarat agar kesuksekan UN bisa kamu raih. Apakah itu? Syaratnya adalah disiplin dengan jadwal belajar yang Anda buat. Jika waktunya belajar, maka Anda harus belajar, dan jangan coba-coba memberi toleransi dengan alasan apapun kepada diri sendiri untuk tidak belajar.

Baca Juga  Cara Mengajar Matematika Kreatif

Merujuk pada SKL dan Kisi-Kisi UN Saat Belajar

Materi-materi di sekolah dengan aneka pelajarannya tentu banyak sekali. Nah, supaya Anda tepat sasaran dalam belajar, maka sebelum mempelajari materi-materi yang akan di UN kan, maka Anda perlu merujuk pada SKL dan kisi-kisi UN.

Darimana Anda bisa mendapatkan SKL dan kisi-kisi UN? SKL dan kisi-kisi UN, biasanya akan dikeluarkan oleh dinas pendidikan setempat setiap tahunnya, dan didistribusikan ke sekolah-sekolah, sehingga siswa bisa mendapatkan SKL dan kisi-kisi UN dari sekolahnya masing-masing.

Berlatih Soal-Soal UN Tahun Sebelumnya

Agar terlatih dan terbiasa menghadapi soal-soal UN, maka Anda perlu berlatih mengerjakan soal-soal UN tahun sebelumnya, dan biasanya juga, soal-soal dari tahun sebelumnya itu kerap muncul di UN. Jadi belilah soal-soal UN yang banyak dijual dipasaran, lalu kerjakanlah secara bertahap sambil mempelajari materinya.

Dengan melakukan hal ini, maka saat UN tiba, Anda sudah tidak asing lagi dengan tipe-tipe soal UN yang akan keluar.

Mengikuti Bimbingan Belajar

Apabila Anda merasa kesulitan jika belajar sendiri di rumah, dan orang tua pun tidak bisa banyak membantu, maka solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti bimbingan belajar.

Saat mengikuti bimbingan belajar, maka Anda bisa bertanya jika ada kesulitan, diajarkan kembali materi-materi yang telah lalu, serta diberikan contoh-contoh soal agar lebih terlatih mengerjakannya.

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Hindari Bersosial Media dan Nonton TV Terlalu Lama

Untuk mencapai kesuksesan, baik saat menghadapi UN maupun menghadapi hal lain dalam kehidupan, maka yang kita butuhkan adalah fokus. Agar bisa fokus maka kita harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang banyak menyita waktu kita, misalnya saja berinteraksi di sosial media atau nonton TV berlama-lama.

Baca Juga  Uniknya Sejarah Bom Molotov

Mengapa perlu kita hindari melakukan dua hal itu? Ini dikarenakan Anda akan terlena dengan kegiatan itu dan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk itu, sehingga kegiatan belajar Anda terganggu, atau Anda jadi terlanjur kelelahan karenanya.

Berwisata Ketika Merasa Jenuh Belajar

Jenuh dalam belajar merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Jika Anda merasakan kejenuhan di tengah-tengah perjalanan mempersiapkan UN, maka yang perlu Anda lakukan adalah berwisata untuk menghilangkan kejenuhan. Tidak masalah meninggalkan persiapan UN sejenak, agak pikiran Anda selanjutnya bisa lebih fresh.

Menjaga Kesehatan

Saat hari pelaksanaan UN, maka Anda perlu memastikan bahwa Anda dalam kondisi prima. Oleh karena itu, jagalah kesehatan Anda jauh-jauh hari sebelum menghadapi UN. Caranya dengan makan makanan bergizi, olahraga yang teratur, serta tidur yang cukup.

Perbanyak Berdoa

Sekalipun kita sudah berusaha dengan sekuat tenaga untuk mempersiapkan UN, namun belum tentu juga kita bisa sukses menghadapinya, karena banyak faktor yang bisa mempengaruhi hasil yang kita inginkan. Oleh karena itu, perbanyaklah berdoa agar apa yang Anda impikan bisa tercapai.

Demikianlah tips jitu menghadapi Ujian Nasional (UN) agar sukses. Semoga dengan tips ini semakin membantu Anda dalam mempersiapkan UN. Selamat belajar!

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.