Waspadai Penyakit Ayam Ini Terhadap Manusia

Diposting pada 2.888 views
Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Mungkin hampir kebanyakan orang tidak terlalu menghiraukan jenis penyakit ayam ini yang ternyata diketahui memiliki dampak buruk terhadap manusia atau peternak-nya secara langsung dekat dengan ayam yang dipelihara tersebut. Termasuk saja itu saya, saya ketika sudah mengurusi kandang ayam atau jagoan saya itu, kadang lupa untuk menjaga keselamatan atau melindungi diri sendiri dari bahaya penyakit ayam yang mungkin saja dapat menular atau terkena oleh saya. Setidaknya ketika kita kontak langsung dengan ternak peliharaan, ada baiknya kita menggunakan masker pelindung untuk sedikitnya mencegah terhirup dari wabah penyakit yang mungkin saja menjangkiti kita.

Sifat penyakit

Berdasarkan sumber yang di dapat diketahui bahwa adalah penyakit yang mampu menyerang manusia. Jenis penyakit tersebut adalah penyakit AI (Avian Influenza) yang sering disebut juga penyakit flu burung. Istilah Avian Influenza ini sangat lazim digunakan untuk kejadian pada ayam, namun ketika di Indonesia jenis penyakit flu burung ini digunakan pada kejadian manusia. 

Waspadai Penyakit  Ayam Ini Terhadap Manusia

Penyakit flu burung ini merupakan suatu jenis penyakit pernapasan yang menular tetapi tidak bersifat menurun. Ayam yang sembuh dari penyakit ini tidak sebagai pembawa sifat. Penyakit Avian Influenza  merupakan suatu jenis penyakit yang menjadi perhatian dunia yang bukan hanya menyerang hewan peliharaan para peternak ayam siam saja tetapi dapat menular ke manusia dan berpotensi menyebabkan kematian pada manusia.

Penyebab dan gejala

Penyebab dari jenis penyakit ini adalah Virus Influenza A. (Orthomyxo virus). Biasanya penularan yang terjadi pada jenis penyakit Avian Influenza ini melalui kontak langsung dengan ayam yang sakit tersebut, dapat juga dari kotoran, maupun pembawa virus tersebut hingga pada peralatan yang sehari-hari digunakan pada kandang maupun ayam tersebut.


Berdasarkan sumber yang diketahui gejala yang biasa dilihat jika terkena penyakit ini adalah jengker ayam akan membengkak dan kebiruan (sianosis), muka ayam akan membengkak dan keluar cairan dari hidung dan mulut, begitu pula pada rongga mulut juga akan mengeluarkan cairan dari yang jernih hingga kental (hipersalivasi)

Pencegahan

Pencegahan yang dapat dilakukan biasanya dengan sebisa mungkin menghindari kandang ayam atau ternak kita dari jalan raya, tempat peternakan yang komersial, RPA, danau dan petasan yang mengganggu, serta melakukan suatu vaksinasi yang rutin sebelum terkena jenis penyakit ini.


Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang penyakit ayam yang berbahaya juga kepada manusia.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

Loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.